Senin, 17 Oktober 2011

The Leadership

Berjiwa pemimpin merupakan suatu hal yang harus ada pada diri setiap orang, namun tidak banyak orang yang memiliki jiwa kepemimpinan. Menjadi seorang Pemimpin bukanlah perkara mudah, karena selain tanggung jawab yang berat, seorang Pemimpin sejati harus memiliki berbagai macam kemampuan tentang kepemimpinan. Selain berkemampuan tentang kepemimpinan, hal penting lainnya yang dapat digunakan untuk menunjang Kepemimpinan adalah “Gengsi Kepemimpinan”.
Menurut fakta, semakin tinggi tingkat Kepemimpinan seseorang didalam organisasi, maka semakin tinggilah Gengsi dari Pemimpin tersebut. Atau jika menggunakan istilah statistik, tingkat Kepemimpinan berbanding lurus dengan Gengsi Kepemimpinan.
Remaja adalah sosok atau figur yang patut menjadi seorang pemimpin, karena mereka merupakan generasi bangsa ini. Jadi, sebagai seorang remaja tidak ada salahnya kalau mereka terjun menjadi seorang pemimpin yang tangguh, tidak takut lelah, dan tidak takut sakit hati. Menjadi pemimpin tidak harus mereka yang sudah tua, sebagai remaja jangan mau kalah dengan mereka yang telah mejadi pemimpin, tanamkan dalam diri kita, bahwa kita (remaja) bisa menjadi seorang pemimpin yang lebih baik dari mereka.
Kepemimpinan adalah sebuah keputusan dan lebih merupakan hasil dari proses perubahan karakter seseorang atau transformasi internal dalam diri seseorang. Kepemimpinan bukanlah jabatan atau gelar yang harus dibangga-banggakan, kerena kepemimpinan adalah sebuah tanggung jawab, dan sebuah kelahiran dari proses panjang perubahan karakter dalam diri seseorang. Perubahan karakter adalah segala-galanya bagi seorang pemimpin. Tanpa perubahan dari dalam, tanpa kedamaian diri, tanpa kerendahan hati, tanpa adanya integritas yang kokoh, daya tahan menghadapi kesulitan dan tantangan, dan visi serta misi yang jelas, seseorang tidak akan pernah menjadi pemimpin sejati. Ketika seseorang telah menemukan visi dan misi hidupnya, maka disitulah kepemimpinan akan terwujud. Dan ketika setiap ucapan dan tindakannya mulai memberikan pengaruh kepada lingkungannya, dan keberadaannya mendorong perubahan dalam organisasinya, pada saat itulah seseorang lahir menjadi pemimpin sejati. Jadi pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang dan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).

Karakter Seorang Pemimpin 

Setiap kita memiliki kapasitas untuk menjadi seorang pemimpin yang sungguh-sungguh mengenali dirinya (qolbu-nya) dan dapat mengelola dan mengendalikannya. Dari kapasitas yang kita miliki itulah yang nantinya akan menentukan bobot kepemimpinan kita. Tergantung dari kita, bagaimana kita memupuk dan membina sifat kepemimpinan pada diri kita, perlu kita ingat, sebelum kita memimpin sebaiknya kita mulai dari memimpin diri kita sendiri dan dimulai dengan mengembangkan karakter yang baik, sehingga akan tumbuh kesan yang baik pula pada orang yang kita pimpin. Menjadi seorang pemimpin berarti menjadi seorang yang selalu belajar dan bertumbuh senantiasa untuk mencapai tingkat atau kadar yang lebih tinggi dalam upaya pencapaian misi dan tujuan untuk mencapai makna kehidupan yang berkepribadian sebagai seorang pemimpin sejati.

Namun, seringkali seorang pemimpin sejati tidak diketahui keberadaannya oleh mereka yang dipimpinnya, oleh sebab itulah tidak jarang seorang pemimpin yang dilupakan oleh mereka (yang dipimpin). Bahkan ketika misi atau tugas terselesaikan, maka mereka mengatakan bahwa merekalah yang melakukannya sendiri. Pemimpin sejati adalah seorang yang tegas dalam pendirianya, lembut dalam perkataan, selalu memberi semangat, motivasi dan inspirasi. Konsep pemikiran seperti ini adalah sesuatu yang baru yang harus ada pada diri seorang pemimpin dan mungkin tidak bisa diterima oleh mereka para pemimpin konvensional yang justru mengharapkan penghormatan dan pujian dari mereka yang dipimpinnya. Semakin dipuji bahkan dikultuskan, maka dapat dipastikan semakin tinggi pula hati mereka dan lupa diri. Namun tidaklah demikian, justru kepemimpinan sejati adalah kepemimpinan yang didasarkan pada kerendahan hati (humble)

 [

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes